Followers

Kita ulas tentang Sumpah Pemuda yuk....


tepat tanggal 28 oktober 81 tahun yg lalu, para pemuda dari seluruh perkumpulan di Indonesia sepakat untuk menyatukan tekad perjuangan di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106 atau yg lebih dikenal dg sebutan jl Kramat 106. peristiwa yg sampai sekarang kita kenal dg Kongres Pemuda II inilah tonggak awal persatuan perjuangan melawan penjajah. pada kongres ini juga lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya diperdengarkan. dan gedung bersejarah di jl. Kramat 106 ini dijadikan museum Sumpah Pemuda. 
kawan, pernahkah dibenakmu terbesit pertanyaan, ‘Mengapa disebut Sumpah Pemuda???’ dan ‘Mengapa yg diadakan kok Kongres Pemuda, bukan kongres Tetua?”
inilah bukti bahwa semangat pemuda itu lebih kuat daripada kebijaksanaan dari pengalaman para tetua.
ingat ucapan Bung Karno, “Berikan aku sepuluh orang pemuda, dan aku akan mengguncang dunia”, membuktikan bahwa Bung Karno juga percaya akan dahsyatnya semangat pemuda. Andai kata para pemuda tidak nekad seperti ini, mungkin tekad mereka tidak akan pernah bertemu. dan kemerdekaan yg di capai tidak merata di semua daerah. mungkin bisa juga negara Indonesia tidak pernah ada, dan di wilayahnya hanya ada negara jawa, negara batak, negara sunda, negara ambon, Dan sebagainya.
Bagaimana kalau dulu tidak pernah diadakan Kongres Pemuda??
aku yakin, pasti ada peristiwa lain yang sejenis. bagiku, apapun namanya, peristiwa ini akan terjadi. bukan karena alasan takdir atau pun ketentuan, tapi inilah hasrat pemuda Indonesia yg mencari “saudara perjuangannya” untuk bersatu, tak lepas dari penciptaan manusia sebagai makhluk sosial. sampai-sampai aku berpikir, andai dulu bangsa Malaysia dijajah oleh Belanda, mungkin mereka juga akan mencari saudara perjuangan ke Indonesia. ah… Indahnya persaudaraan
sebelum diakhiri jangan lupa kunjungi web-web terkait sumpah Pemuda ya..
www.museumsumpahpemuda.go.id
 http://sumpahpemuda.org/

0 komentar:

My Hamster

Laba-Labaku

Ikanku hehehe...

Waktu/Time

Pengunjung

Pages